EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Persepsi Orang Tua, Guru, dan Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas pada Masa Pandemi Covid-19

Sovi Endah Nurhayati (Universitas Siliwangi, Indonesia)
Nani Ratnaningsih (Universitas Siliwangi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi orang tua, guru dan siswa terhadap pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pada masa pandemi Covid-19. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Kuesioner disebar kepada orang tua siswa sebanyak 35 orang, kepada guru sebanyak 25 orang dan kepada siswa sebanyak 35 orang. Penelitian ini dilakukan pada orang tua, guru dan siswa MTs Daarutholibin. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methode yang merupakan gabungan antara kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh data orangtua yang menyatakan sangat setuju (8,6%), setuju (85,7%) dan ragu-ragu (5,7%). Data yang diperoleh dari guru menyatakan sangat setuju (84%) dan setuju (16%). Sedangkan data yang diperoleh dari siswa menyatakan sangat setuju (17,1%), setuju (74,3%) dan ragu-ragu (8,6%). Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar orang tua dan siswa menyatakan setuju sedangkan sebagian besar guru menyatakan sangat setuju dengan pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi Covid-19. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...