EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Analisis Hasil Survei SPADA Dikti 2021 dan Dampaknya Terhadap Rekomendasi Kebijakan Implementasi Kampus Merdeka

Sri Supatmi (Universitas Komputer Indonesia, Indonesia)
Budi Herdiana (Universitas Komputer Indonesia, Indonesia)
Jana Utama (Universitas Komputer Indonesia, Indonesia)
Muhammad Aria Rajasa Pohan (Universitas Komputer Indonesia, Indonesia)
Tri Rahajoeningroem (Universitas Komputer Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Program implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam pelaksanaannya dimungkinkan akan selalu muncul permasalahan terhadap kebijakan pelaksanaannya. Dari semua kemungkinan permasalahan ini, maka tujuan yang diharapkan adalah ingin mengetahui dampak nyata implementasi kebijakan program MBKM terhadap proses belajar mengajar apabila terapkan dalam lingkungan Program Studi Teknik Elektro Universitas Komputer Indonesia. Hasil analisis dari dampak implementasi ini akan dijadikan rekomendasi penerapan model pembelajaran MBKM sesuai kebutuhan dan kemampuan program studi. Untuk memperoleh ketercapaian hasilnya, maka metode yang digunakan melalui pendekatan metode survei terhadap pelaku dan pengguna kebijakan yaitu mahasiswa, dosen, dan tenaga pendidikan di dalam lingkungan program studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman responden mahasiswa terhadap program MBKM, sebagian besar responden mahasiswa berpendapat pada rentang nilai “Berdampak”, yaitu sebanyak 56% responden. Kesiapan mahasiswa mengikuti program MBKM, sebagian besar responden mahasiswa berada pada rentang skor “Cukup Siap” yaitu sebanyak 45% responden. Responden mahasiswa yang menyatakan kegiatan MBKM berimplikasi pada lama masa studi, didapati 52% responden berpendapat masih dapat lulus tepat waktu. Hanya sebagian kecil responden, yaitu sebanyak 17% responden yang khawatir dapat memperlama masa studi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...