EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pendampingan Siswa di Masa Pubertas

Maglon Ferdinand Banamtuan (Institut Agama Kristen Negeri Kupang, Indonesia)
Misael Boineno (Institut Agama Kristen Negeri Kupang, Indonesia)
Markus Oematan (Sekolah Menengah Teologi Kristen Benfomeni Kapan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru agama kristen dalam melakukan pendampingan kepada siswa masa pubertasdi Sekolah Menengah Teologi Kristen Benfomeni Kapan. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian adalah deskriptif. Subyek yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah siswa dan guru pendidikan agama kristen. Maka hasil penelitian adalah Peran guru Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Menengah Teologi Kristen Benfomeni Kapan adalah: a). Guru pendidikan agama kristen selalu melakukan bimbingan spiritual bagi seluruh siswa; b). Guru pendidikan agama kristensering menasihat siswa sebelum adanya masalah; c). Guru pendidikan agama kristenselalu menegur siswa pada saat melakukan kesalahan; dan d). Guru pendidikan agama kristenselalu memberi sangsi kepada siswa dan bersurat kepada orang tua sebagai konsekuensi dari kelalaian manjalankan aturan sekolah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...