EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Analisis Pembaharuan Kurikulum Darurat pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Abd. Rohim Asnawi (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Kusrini Setyowati (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
A. Aulia Reski Novianti Alnisyar (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Muhammad Holqi Rizki Azhari (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Mustiningsih Mustiningsih (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Agus Timan (Universitas Negeri Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2022

Abstract

Kurikulum darurat yang diberlakukan Pemerintah pada masa Pandemi Covid-19 belum efektif dalam membentuk karakter siswa Pendidikan Dasar khususnya melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui permasalahan dan memberikan solusi pada permasalahan pembaharuan kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini terletak pada SD Katolik Cor Jesu Malang. Hasil penelitian dapat menunjukkan beberapa hal dari permasalahan-permasalahan yang timbul di SD Katolik Cor Jesu Malang tentang pembaharuan kurikulum darurat, seperti guru yang kesulitan dalam menentukan indikator pencapaian hasil belajar, menentukan metode pembelajaran saat online, etika peserta didik dalam proses pembelajaran, kurangnya jam perwalian dalam penyelesaian permasalahan peserta didik secara individu dan para guru masih terbatas dalam hal informasi dan teknologi. Maka dari itu diperlukan inovasi dan penguatan kompetensi guru dalam melaksanakan kurikulum darurat pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...