EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Penerapan Model Pembalajaran Predict-Observe- Explain (POE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Hasrul Hasrul (SMP Negeri 1 Liukang Tangaya Pangkep, Indonesia)
Muh Yunus (STKIP Pembangunan Indonesia Makassar, Indonesia)
Husain AS (STKIP Pembangunan Indonesia Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian bertujuan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMPN 1 Liukang Tangaya Pangkep melalui Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE). Setting penelitian meliputi perencanaan (Plenning), Tindakan (Observation), dan refleksi (reflection). Faktor yang diselidiki meliputi faktor input, faktor proses, faktor output. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Liukang Tangaya Pangkep mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini tergambar dari hasil tes belajar siswa dari tiap siklusnya meningkat 100% dengan rata-rata kelas 82,66 berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Liukang Tangaya Pangkep memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...