EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Kedisiplinan Dosen Terhadap Kepuasan dan Prestasi Belajar Taruna Politeknik Pelayaran Sorong

Suroyo Suroyo (Universitas Terbuka Sorong, Indonesia)
Taufani C. Kurniatun (Universitas Terbuka Sorong, Indonesia)
Herningsih Herningsih (Universitas Terbuka Sorong, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan akademik dan kedisiplinan Dosen terhadap kepuasan dan prestasi belajar taruna Politeknik Pelayaran Sorong, dengan melibatkan 91 taruna sebagai responden. Jenis penelitian adalah kuantitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Strategi pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan PLS-SEM dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.0. Variabel bebas terdiri dari kualitas pelayanan akademik yang dijabarkan menjadi lima dimensi servqual antara lain: tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy, serta variabel bebas lainnya adalah kedisiplinan Dosen. Sedangkan variabel terikat adalah kepuasan dan prestasi belajar. Hipotesis penelitian sebanyak tiga belas butir yang diuji melalui bootstrapping software SmartPLS 3.0 dengan kriteria Ha diterima dan H0 ditolak jika nilai t-statistik >1,96 dan p-value ≤ 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan akademik memiliki pengaruh terhadap kepuasan dengan nilai t-statistik:  tangible (2,082), reliability (2,347) dan empathy (5,301) sehingga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan taruna. Sedangkan nilai t-statistik responsiveness (1,089) dan assurance (1,736) berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan taruna. Faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan taruna adalah layanan empathy. Hasil penelitian ditemukan bahwa pelayanan akademik yaitu reliability nilai t-statistiknya sebesar 2,126 berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, sedangkan nilai t-statistik tangible (0,649), responsiveness (0,902), assurance (0,257) dan empathy (1,048) berpengaruh tidak signifikan terhadap prestasi belajar taruna Politeknik Pelayaran Sorong

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...