EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Persepsi Siswa terhadap Google Classroom dan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IX melalui Belajar dari Rumah selama Masa Pandemi Covid-19

Katharina Tey Wungubelen (Universitas Flores, Indonesia)
Adrianus Nasar (Universitas Flores, Indonesia)
Ana Silfiani Rahmawati (Universitas Flores, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Persepsi siswa terhadap Google Classroom pada pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 kelas IX SMPN 1 Ende tahun pelajaran 2021/2022. (2) Motivasi belajar IPA siswa selama masa pandemi Covid-19 kelas IX SMPN 1 Ende tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IX yang berjumlah 210 siswa, sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 115 siswa yang diperoleh dengan cara menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data berupa angket penggunaan Google Classroom dan angket motivasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif statistik kuantitatif. Berdasarkan perhitungan SPSS, dengan jumlah siswa 115 orang dapat disimpulkan bahwa: (1) Persepsi belajar siswa terhadap penggunaan Google Classroom dikategorikan tinggi dimana, terdapat 2% siswa dengan kategori sangat tinggi, 59% siswa dengan kategori tinggi, 39% siswa dengan kategori sedang, sedangkan tidak ada siswa yang mendapat kategori rendah dan sangat rendah. (2) Tingkat motivasi Belajar IPA di masa pandemi Covid-19 dikategorikan sedang dimana, terdapat 3% siswa tingkat motivasi sangat tinggi, 53% siswa memiliki tingkat motivasi tinggi, 44% siswa memiliki tingkat motivasi sedang, sedangkan tidak ada siswa yang mendapat motivasi rendah dan sangat rendah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...