EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Validitas Modul Pembelajaran Dasar Boga Model Konstruktivisme

Cici Andriani (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Bulkia Rahim (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2021

Abstract

Penyebaran pandemic virus corona atau covid-19 telah memberikan arahan untuk melakukan pembelajaran Online. Pembelajaran online ini mengalami banyak masalah, diantaranya siswa malas belajar dan lebih banyak bermain, kurangnya semangat anak untuk belajar, serta tidak disiplinnya siswa dalam mengikuti pembelajaran daring dan mengumpulkan tugas. Sehingga menyebabkan proses pembelajaran belum maksimal sehingga mempengaruhi hasil belajar. Tujuan penelitian untuk menghasilkan modul Dasar Boga berbasis model Konstruktivisme yang valid. Model penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Dengan metode Research and Development / R&D. Subjek penelitian adalah mahasiswa Tata Boga FPP-UNP yang mengambil mata kuliah Dasar Boga. Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh dosen ahli dan mahasiswa. Instrumen pengumpul data berbentuk angket. Teknik analisis data deskriptif untuk mendeskripsikan kevalidan modul Dasar Boga berbasis model Konstruktivisme dalam segi validasi isi/materi Modul, validasi format modul dan validasi penyajian modul. Hasil validasi isi/materi modul 0,89 dalam kategori valid, hasil validasi format modul adalah 0,88 dalam kategori valid dan hasil validasi penyajian modul adalah 0,86 dalam kategori valid. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah menghasilkan sebuah modul Dasar Boga berbasis model Konstruktivisme yang valid an layak digunakan mahasiswa yamng mengambil mata kuliah Dasar Boga

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...