EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Pelaksanaan Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter Masa Pandemi di SD Negeri Kolo Kabupaten Wakatobi

A Muh Ali (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Ameria Sukmawati (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan nilai religius dalam pendidikan karakter di SD Negeri Kolo Kabupaten Wakatobi. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 3, 4, dan 5 di berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes. Penelitian ini dilakukan secara bertahap dengan membagikan tiga angket. Berdasarkan hasil sebaran angket pada siswa kelas III, IV, dan V dapat di ketahui bahwa Pelaksanaan Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakater telah di terapkan dan berjalan dengan lancar dengan didukung oleh kerja sama dari berbagai aspek penunjang seperti lingkungan masyarakat dan keluarga. Dilihat dari 20 pertanyaan yang dijawab oleh siswa kelas III, IV, dan V dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan nilai religius dalam pendidikan karakter dimasa pandemi di SD Negeri Kolo Kabupaten Wakatobi dapat berjalan dengan baik. Adapun dilihat dari hasil kisi-kisi angket yang dijawab oleh siswa kelas III, IV, dan V. Pemerolehan skor sangat baik dikarenakan siswa mampu menyerap pelaksanaan nilai religius dalam pendidikan karakter di SD Negeri Kolo Kabupaten Wakatobi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...