EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Materi Ruang Lingkup Administrasi Kepegawaian

Anisatul Fauziah (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
Siti Sri Wulandari (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran memungkinkan peserta didik untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan untuk membantu menemukan  pengetahuan dan kegiatan belajarnya. Pengadaan penelitian guna melakukan pengembangan pada e-modul dengan basis flipbook  di  mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian dengan materi Ruang Lingkup Administrasi Kepegawaian. Metode pengembangan ini dengan model 4-D yakni define, design, develop dan disseminate. Penelitian sampai tahap pengembangan saja. Tahap disseminate tidak dilaksanakan sebab adanya keterbatasan waktu dan biaya. Pengumpulan data dilakukan dengan uji validasi dan uji coba e-modul. Analisis data menggunakan perhitungan presentase deskriptif. Uji validasi oleh ahli materi, bahasa dan grafis untuk hingga  hasilnya disebutkan valid dan layak dilakukan pengujian coba. Uji coba e-modul dengan menerapkan basis flipbook ini diketahui melalui hasil pengujian coba pada 20 siswa. Kevalidan dan kelayakane-modul diketahui dari hasil uji validasi dan hasil respon siswa dengan kategori valid dan sangat layak. Berlandaskan dengan hasil tersebut maka bisa ditarik kesimpulan bahwasanya pengembangan e-modul dengan menerapkan basis flipbook untuk pembelajaran materi Ruang Lingkup Administrasi Kepegawaian ini ditetapkan  valid dan sangat layak diterapkan dalam pembelajaran. The use of technology in the learning process allows students to access the information they need to help find knowledge and learning activities. Procurement of research to develop e-modules with flipbook basis in the subject of Automation of Personnel Governance with the subject matter of the Scope of Personnel Administration. This development method uses a 4-D model, namely define, design, develop and disseminate. Research up to the development stage only. The disseminate stage was not carried out due to time and cost constraints. Data was collected by means of validation tests and e-module trials. Data analysis used descriptive percentage calculation. Validation test by material, language and graphic experts so that the results are declared valid and deserve to be tested. The e-module trial by applying the flipbook basis is known through the results of testing on 20 students. The validity and feasibility of the e-module is known from the results of the validation test and the results of student responses in the valid and very feasible categories. Based on these results, it can be concluded that the development of e-modules by applying the flipbook basis for learning the Scope of Personnel Administration material is determined to be valid and very feasible to be applied in learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...