EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Efektivitas Penyelenggaraan Pendidikan Dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Budi Tri Cahyono (TUniversitas Sebelas Maret, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2021

Abstract

Fokus penelitian ini adalah mengevaluasi efektivitas penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan Calon Kepala Sekolah di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pendidikan dan pelatihan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan  Provinsi Jawa Timur yang meliputi (a) pre test, (b) post tes, (c) wawancara serta evaluasi dari pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan Calon Kepala Sekolah di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Timur berjalan efektif dan efisien. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis kualitatif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu situasi dab kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Penelitian yang bertujuan untuk melihat kondisi secara langsung efektivitas penyelenggaraan Pendidikan dan pelatihan kemudian disesuaikan dengan kondisi nyata yang terjadi di lapangan. Implikasi yang diharapkan mengacu  pada Permendiknas  Nomor 19  Tahun  2007 tentang standar  pengelolaan sekolah, kepala sekolah diharapkan memiliki kemampuan  (1) perencanaan program,  (2) pelaksanaan rencana kerja, (3) pengawasan dan evaluasi, (4) kepemimpinan sekolah,  (5) sistem informasi sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...