EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Hubungan Motivasi Berprestasi, Minat dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa

Hasmi Syahputra Harahap (Universitas Labuhanbatu, Indonesia)
Nurlina Ariani Hrp (Universitas Labuhanbatu, Indonesia)
Intan Bayati Nasution (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
Amin Harahap (Universitas Labuhanbatu, Indonesia)
Aziddin Harahap (Universitas Labuhanbatu, Indonesia)
Arman Harahap (Universitas Labuhanbatu, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi, minat, perhatian orang tua terhadap terhadap kemandirian siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Sekecamatan Medan Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan sampel penelitian sebanyak 275 siswa yang ditentukan secara purposive sampling (sampel bertujuan) yaitu SMA Negeri 5 sebanyak 138 siswa, SMA Negeri 6 sebanyak 65 siswa, dan SMA Negeri 10 sebanyak 72 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi berprestasi dengan jumlah 30 soal, angket minat dengan jumlah 20 soal, angket perhatian orang tua dengan jumlah 25 soal, dan angket kemandirian siswa dengan jumlah 40 soal. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi dengan bantuan program SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara: (1) Motivasi berprestasi terhadap kemandirian siswa (r=0,326 ; p=0,000); (2) Minat terhadap kemandirian siswa (r=0,293 ; p=0,000); (3) Perhatian orang tua terhadap kemandirian siswa (r=0,419 ; p=0,000). Tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru dan orang tua untuk dapat memberi semangat kepada anaknya dalam upaya meningkatkan kemandirian dalam belajar baik di sekolah maupun di rumah

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...