EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Analisis Fenomena Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi (Harapan Menuju Blended Learning)

Kutsiyyah Kutsiyyah (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2021

Abstract

Artikel ini membahas tentang pembelajaran daring yang menjadi fenomena di Indonesia sejak pandemi covid-19. Penelitian ini betujuan menganalisis pembelajaran daring yang terjadi selama masa pandemi, meliputi media yang banyak digunakan dalam proses pembelajaran, ciri pembelajaran daring berikut kelebihan dan kendala yang dihadapi di lapangan. Kajian ini berupa studi literatur yang dikenal juga dengan library research. Untuk menemukan kesimpulan dalam kajian ini, penulis menggunakan model Miles and Huberman dalam mengalisis data yaitu melalui empat tahapan analisis meliputi data collecting (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua jenjang pendidikan menerapkan pembelajaran daring selama pandemi. Mulai jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi, media yang banyak digunakan yaitu aplikasi whatsapp (WA). Kemudahan, kepraktisan serta pilihan fitur yang cukup membantu adalah alasan utama aplikasi WA menjadi pilihan favorit sebagai media dalam pembelajaran daring. Pembelajaran daring memiliki empat ciri umum, yaitu Personal, Structured, Active dan Connective. Masing-masing ciri ini memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri sehingga juga membutuhkan kretivitas guru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...