EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar

Kuncoro Adi Saputro (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Christina Kartina Sari (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
SW Winarsi (Sekolah Dasar Negeri 04 Kemiri, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca di kelas II SDN 04 Kemiri Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Adapun rumusan masalah sebagai berikut, apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa SDN 04 Kemiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca dengan menggunakan media audio visual. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian di kelas II SDN 04 Kemiri. Subjek penelitian sebanyak 22 siswa kelas II. Tenik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Instrumen penelitian adalah lembar tes dan lembar non tes. Hasil penelitian keterampilan membaca menggunakan media audio visual kelas II SDN 04 Kemiri mengalami peningkatan. Siklus I hasil keterampilan membaca siswa tuntas 15 siswa (68,19%) dan 7 siswa (31,81%) tidak tuntas. Sedangkan untuk hasil pengamatan aktivitas siswa dengan peringkat 15 siswa (68,19%), Baik (B), 4 siswa (18,18%), Cukup (C) dan 3 siswa (13,63%), Kurang (D). Pada siklus II keterampilan membaca siswa tuntas 21 siswa (95,46%) dan 1 siswa (4,54) tidak tuntas. Aktivitas siswa dengan peringkat Amat Baik (A) 7 siswa (31,82%), Baik (B), 14 siswa (63,64%) dan 1 siswa (4,54%), Cukup (C).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...