Pandemi Covid-19 berpengaruh signifikan dalam proses pembelajaran di Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO). Tujuan dari penelitian ini adalah untukĀ menilai dan mengamati kembali bagaimana proses pembelajaran daring yang telah dilakukan di Universitas Muhammadaiyah Kotabumi pada masa pandemiĀ (pada semester genap tahun akademik 2019/2020). Untuk mencapai tujuan tersebut, metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian kuntitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui survey. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, kesimpulan yang dapat ditarik untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan mutu pembelajaran daring Universitas Muhammadiyah KotabumiĀ yaitu beberapa aspek yang perlu diperhatikan oleh dosen dalam menjaga mutu pembelajaran daring yaitu, 1) aplikasi pembelajaran yang digunakan harus mudah diakses oleh mahasiswa; 2) dalam perkuliahan online, dosen sebaiknya tidak hanya memberikan materi dalam bentuk pdf atau ppt, atau informasi secara teks (deskriftip). Tetapi memberikan juga tutorial dalam perkuliahan online baik secara langsung misalkan menggunakan zoom/ google meet. Bisa juga memberikan tutorial dalam bentuk media misal dengan membagikan video pembelajaran, link youtube, animasi, atau rekam layar; 3) kesesuaian waktu mengajar dengan jadwal perkuliahan; 4) perlu adanya kebijaksanaan dari dosen untuk memberikan tenggang waktu pengumpulan tugas kepada mahasiswa; 5) sebaiknya dosen melaksanakan evaluasi secara objektif dan transparan dengan mengembalikan jawaban dari tugas/ujian mahasiswa.
Copyrights © 2022