EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Refleksi Pembelajaran Daring di Universitas Muhammadiyah Kotabumi di Masa Pandemi Covid-19

Karsoni Berta Dinata (Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 berpengaruh signifikan dalam proses pembelajaran di Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO). Tujuan dari penelitian ini adalah untukĀ  menilai dan mengamati kembali bagaimana proses pembelajaran daring yang telah dilakukan di Universitas Muhammadaiyah Kotabumi pada masa pandemiĀ  (pada semester genap tahun akademik 2019/2020). Untuk mencapai tujuan tersebut, metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian kuntitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui survey. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, kesimpulan yang dapat ditarik untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan mutu pembelajaran daring Universitas Muhammadiyah KotabumiĀ  yaitu beberapa aspek yang perlu diperhatikan oleh dosen dalam menjaga mutu pembelajaran daring yaitu, 1) aplikasi pembelajaran yang digunakan harus mudah diakses oleh mahasiswa; 2) dalam perkuliahan online, dosen sebaiknya tidak hanya memberikan materi dalam bentuk pdf atau ppt, atau informasi secara teks (deskriftip). Tetapi memberikan juga tutorial dalam perkuliahan online baik secara langsung misalkan menggunakan zoom/ google meet. Bisa juga memberikan tutorial dalam bentuk media misal dengan membagikan video pembelajaran, link youtube, animasi, atau rekam layar; 3) kesesuaian waktu mengajar dengan jadwal perkuliahan; 4) perlu adanya kebijaksanaan dari dosen untuk memberikan tenggang waktu pengumpulan tugas kepada mahasiswa; 5) sebaiknya dosen melaksanakan evaluasi secara objektif dan transparan dengan mengembalikan jawaban dari tugas/ujian mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...