Rendahnya capaian literasi matematika di Indonesia khususnya materi aljabar yang diujikan pada PISA memuat didalam konten Change and Relationship menjadi perhatian khusus di bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menyelami dan membedah kemampuan literasi matematik dalam menyelesaikan soal berbasis PISA pada konten Change and Relationship dilihat dari sudut gaya kognitif. Ditinjau dari gaya kognitif, menunjukkan bahwa gaya Field Independent dan Field Dependent sangat efisien untuk menganalisis kemampuan literasi matematika. Metodologi dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas 8 SMPN 4 Jatiyoso semester gasal tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini ialah uji Group Embedded Figure Test (GEFT), uji kemampuan literasi matematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa siswa dengan gaya kognitif Field Independent/ memenuhi kemampuan literasi matematika pada aspek communication, reasoning, and argument, devising strategie for solving problems, using symbolic, formal, and techincal language, and operation, representation. Pencapaian kemampuan literasi matematika dari siswa Field Dependent yaitu kemampuan literasi matematika pada aspek communication, reasoning and argument, using symbolic, forma/,and techincal language, and operation, representation.
Copyrights © 2022