EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Persepsi Dosen Universitas Flores Terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdek

Reyna Virginia Nona (Universitas Flores, Indonesia)
Falentina Lucia Banda (Universitas Flores, Indonesia)
Ernesta Leha (Universitas Flores, Indonesia)
Philipus Nerius Supardi (Universitas Flores, Indonesia)
Konstantinus Denny Pareira Meke (Universitas Flores, Indonesia)
Lely Suryani (Universitas Flores, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kesiapan dosen sebagai pendamping kegiatan MBKM sangat diperlukan guna menghasilkan output yang sesuai kebutuhan masyarakat dan dunia usaha. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi dosen Universitas Flores tentang MBKM. Metode yang digunakan adalah survey. Responden adalh para dosen yang berjumlah 184 orang. Data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner pada link yang dibagikan. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dosen memperoleh informasi MBKM dari berbagai sumber sehingga memiliki pengetahuan tentang MBKM. Pengetahuan tentang MBKM menjadi tidak utuh karena belum semua dosen terlibat dalam MBKM, baik sebagai pendamping, penyusun dokumen maupun rapat-rapat terkait MBKM di tingkat Program Studi, Fakultas dan Universitas. Sejak adanya MBKM dosen Universitas Flores juga terlibat pada kegiatan seperti KKN Tematik, Magang, Praktek Kerja Nyata, dan Pengabdian Masyarakat bersama maahasiswa. Dosen Universitas Flores akan merekomendasikan mahasiswanya mengikuti MBKM karena dapat meningkatkan softskill dan hardskill mahasiswa, dan Dosen bersedia menjadi pembimbing / pendamping dan siap meningkatkan kompetensi dirinya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dosen Universitas Flores mendukung pelaksanaan MBKM di Universitas Flores dan akan selalu meningkatkan kompetensinya agar menajdi pendamping yang baik bagi mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...