EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Optimalisasi Pemanfaatan Akun Pembelajaran untuk Kegiatan Pembelajaran Daring

Budi Tri Cahyono (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Wahyu Nugroho (BP PAUD dan DIKMAS Jawa Timur, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

Pembelajaran di sekolah yang dilakukan selama ini adalah pembelajaran tatap muka (luring) dimana siswa dan guru saling berinteraksi secara langsung tanpa adanya sekat/pemisah. Ketika wabah covid-19 melanda Indonesia awal April 2020, pembelajaran luring terhenti beberapa bulan, yang menyebabkan guru mencari alternatif untuk melakukan pembelajaran daring. Penelitian ini akan mencoba melihat proses pembelajaran daring, serta kendala yang dihadapi masing-masing guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan observasi dan wawancara, sumber datanya adalah guru dan siswa Sekolah Dasar kelas V dan VI. Hasil proses pembelajaran daring dilaksanakan dirumah dengan menggunakan aplikasi Google Classroom, Google Meet dan Google Drive. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa dengan memanfaatkan akun pembelajaran belajar.id guru dan siswa dapat mengoptimalkan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi Sekolah Dasar dengan menggunakan akun pembelajaran belajar.id merupakan salah satu alternatif pilihan pembelajaran daring yang di fasilitasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan bekerjasama dengan Refo Indonesia

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...