EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Media Pembelajaran dan Minat Belajar Fisika Siswa SMP Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Sutri Novika (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia)
Rofiqoh Hasan Harahap (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia)
Emelia Rahmadany (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2021

Abstract

Pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) adalah dua pendekatan pembelajaran dari rumah. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran jarak jauh dan minat siswa dalam pembelajaran fisika menggunakan media pembelajaran daring dan lurimg di SMP Siti Hajar. Subyek dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data adalah kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan platform pembelajaran daring (seperti Microsoft Teams dan Zoom) dan media pembelajaran luring. Berdasarkan hasil tanggapan pada kuesioner, analisis data menunjukkan bahwa minat siswa terhadap pembelajaran fisika dengan menggunakan media pembelajaran jarak jauh daring dan luring berada pada kategori baik. Dan beda rata-rata skor minat belajar siswa dianalisis dengan uji paired sample t-test. Meskipun koneksi jaringan internet sering lambat atau tidak tersedia dan mempengaruhi konsentrasi belajar siswa, analisis data menunjukkan bahwa minat siswa untuk belajar fisika dari rumah menggunakan media pembelajaran daring lebih tinggi daripada belajar fisika menggunakan media luring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...