Menurunnya jumlah mahasiswa aktif per kelasnya merupakan dampak dari perkuliahan secara daring. Untuk menghentikan penularan covid 19, pembatasan sosial menjadi keharusan, termasuk di bidang pendidikan. Beberapa solusi dibuat untuk mengatasi situasi ini tanpa menghentikan proses pendidikan. Kelas luring atau luar jaringan telah berubah menjadi kelas online. Baik dosen maupun mahasiswa harus beradaptasi untuk melanjutkan proses pembelajaran dan menyelamatkan semua orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kesiapan dosen dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa di tengah pandemi covid 19. Penelitian ini mengambil 55 mahasiswa STIE Bina Karya yang telah mengikuti kelas online selama kurang lebih 3 semester yang diwakili oleh setiap semester. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner online yang dibagikan kepada responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara desktiptif kualitatif. Hasilnya, minat belajar mahasiswa STIE Bina Karya kembali meningkat perlahan dan mahasiswa STIE Bina Karya menilai bahwa dosen STIE Bina Karya mampu memanfaatkan perangkat untuk proses belajar mengajar. Hal ini diharapkan menjadi satu upaya untuk menarik minat belajar mahasiswa di tengah era pandemi ini. Sehingga jumlah mahasiswa aktif dalam perkuliahan dapat kembali normal seperti sebelum terjadinya wabah Covid 19. Oleh karena itu, dosen perlu meningkatkan kemampuannya dalam menarik minat belajar mahasiswa baik dalam perkuliahan secara daring maupun luring.
Copyrights © 2022