EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Pendidikan Karakter dalam Upacara Koe Toko pada Masyarakat Adat Unggu (Kajian Semiotika)

Frumensius B Dole (Universitas Flores, Indonesia)
Agustinus Kembardi Sumbi (Universitas Flores, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2022

Abstract

Penelitian  ini  dilaksanakan  untuk  mengeksplorasi  etnopedagogi berupa penanaman nilai-nilai karakter dalam masyarakat adat Unggu melalui upacara koe toko. Dilaksanakannya penelitian ini memiliki tujuan agar nilai-nilai yang dimiliki dan diwariskan melalui upacara koe toko dapat ditemukan dan direkonstruksi untuk dilihat secara sistematis dalam  konsep  pendidikan  karakter.  Penelitian  menggunakan  metode  kualitatif  yaitu  dengan membuat kajian semiotika tentang upacara koe toko. Tahapan metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data, membuat kajian semiotik atas data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam upacara koe toko yaitu: nilai kebersamaan atau gotong royong, tanggung jawab, religiositas dan menghargai kehidupan. Pelaksanaan upacara pemindahan makam menjadi kesempatan bagi orang tua dalam kampung, tokoh masyarakat dan mosalaki untuk memberi nasihat, mengajarkan kepada warga dan anak-anak tentang berbagai nilai yang yang harus mereka kenali dan pahami, terutama yang berkaitan dengan rasa hormat dan tanggung jawab. Nilai-nilai dalam upacara tokoh sebagaimana yang disebutkan di atas selalu diingatkan oleh para orang tua dan mosalaki kepada keluarga yang menyelenggarakan upacara tersebut

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...