EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga (Garis Bilangan) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar

Lailatun Nur Kamalia Siregar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2022

Abstract

Hal ini menunjukkan bahwa hasilxbelajar siswa yang dicapai masih rendah, dan juga guruxmasih menggunakan metodexceramah dan pemahaman rumus pengerjaan soal-soal matematika dengan menuliskan di papan tulis tanpa diiringi dengan menggunakan media alat peraga, halxini menyebabkan siswaxmerasa bosan dan akhirnyaxtidak kondusif (ribut), serta sulit memahami dalam pembelajaran matematika. Untuk mengetahui hasilxpre-test dan post-testxbelajar Matematika siswa kelas IV SD NEGERI 067849 Medan dixkelas kontrol menggunakan modelxpembelajaranxkonvensional. Untukxmengetahui hasil pre-test dan post-testxbelajar Matematika siswaxkelas IV SD NEGERI 067849 Medan di kelas eksperiment menggunakan mediaxalat peraga (garisxbilangan). Untukxmengetahui pengaruh penggunaan media alatxperaga (Garis Bilangan) terhadap hasil belajar Matematika siswaxkelas IV SD NEGERI 067849 Medan. Metode Penelitian dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasilxbelajar Matematikaxsiswa materi operasixhitung bilangan bulatxkelas IV di SD NEGERI 067849 Medan yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional tanpa menggunakanxmedia alat peraga (garisxbilangan) pada mata pelajaran Matematika memperoleh nilaixpre-test 37,19 dan nilai post-testx71,67 denganxselisih rata-rata kenaikanxhasil belajar 34,48. Peroses pembelajaran yang mendapatkan pengaruhxpenggunaan media alatxperaga (garisxbilangan) terhadap hasilxbelajar Matematika siswa materi operasixhitung bilangan bulatxkelas IVxdi SD NEGERI 067849 Medan mendapat hasil positif. Dilihatxdari perolehan nilaixpre-test 39,86 danxnilai post-testx83.44 denganxselisih rata-rata kenaikanxhasil belajarx43,58. Terdapatxpengaruh yang signifikan darixpenggunaan mediaxalat peraga (garisxbilangan) terhadapxhasil belajarxMatematika materi operasixhitung bilanganxbulat siswaxkelas IV SD NEGERI 067849 Medan. Dengan ujixT-Test For EqualityxOf Means rumusan hipotesis Ha: xsig < 0,05  yaitu diperoleh Ha 0,00 > 0,05 dan dinyatakan diterimanya Ha danxHoxditolak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...