EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Profil Keterampilan Kerjasama Peserta Didik dalam Pembelajaran PPKn SMP

Endah Zakiyyatun Najah M (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Rahmat Rahmat (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Fenomena rendahnya keterampilan kerjasama tidak hanya terjadi di lingkungan umum, tetapi juga terjadi di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil keterampilan kerjasama peserta didik SMP PPKn kelas VIII Tahun ajaran 2021/2022 dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII, dengan sampel penelitian 24 siswa kelas VIII dari salah satu SMP Negeri di Kabupaten Majalengka yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket siswa dan wawancara. Data penelitian dianalisis untuk menghasilkan gambaran tentang keterampilan bekerja sama secara keseluruhan. Masing-masing indikator keterampilan bekerja sama menggunakan teknik analisis data deskriptif berupa data penelitian yang dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian analisis masing-masing indikatpr menunjukkan rata-rata indikator keterampilan kerjasama peserta didik secara keseluruhan adalah 85,13 %. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa profil keterampilan kerjasama siswa kelas VIII SMP tergolong sangat tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...