Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa
Vol. 5 No. 1 (2022): Februari 2022

BABY MASSAGE UNTUK MENURUNKAN STRES DAN MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR PADA BAYI: QUASY EKSPERIMENTAL

Sepvania Sesari Wahyudhita (Sarjana Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum)
Mukhoirotin Mukhoirotin (Departemen Keperawatan Maternitas, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum)
Mukhamad Rajin (Departemen Keperawatan Medikal Bedah, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum)
Diah Ayu Fatmawati (Departemen Keperawatan Maternitas, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2022

Abstract

Status kesehatan yang buruk sangat berpengaruh terhadap stres dan kualitas tidur selama masa perawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Baby Massage Terhadap Stres dan Kualitas Tidur Pada Bayi. Desain penelitian ini menggunakan Quasy-Experiment dengan pendekatan Pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh bayi yang dirawat di Ruang Bugenvile Rumah Sakit Kristen Mojowarno. Sampel berjumlah 30 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Variabel independen adalah baby massage dan variabel dependen adalah stres dan kualitas tidur bayi. Data diukur menggunakan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar bayi pada kelompok perlakuan mengalami penurunan tingkat stres dan peningkatan kualitas tidur setelah pemberian baby massage. Ada pengaruh baby massage terhadap stres dan kualitas tidur pada bayi dengan nilai signifikansi (p) 0.000 (p<0.05). Baby Massage efektif menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kualitas tidur bayi, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif terapi penanganan stres dan gangguan tidur pada bayi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikj

Publisher

Subject

Neuroscience Nursing

Description

Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa [e-ISSN 2621-2978] is a means of developing and publishing scientific works for researchers, lecturers and practitioners of mental nursing published by the Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa is an electronic journal with an ...