Sawerigading
Vol 27, No 2 (2021): SAWERIGADING, EDISI DESEMBER 2021

GUYONAN DI TENGAH PANDEMI: ANALISIS WACANA KRITIS PADA MEME TERKAIT COVID-19 (Jokes in The Middle of Pandemic: Critical Discourse Analysis of COVID-19-Related Memes)

Nadya Inda Syartanti (Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap makna tersirat yang terkandung pada meme terkait COVID-19 melalui pendekatan analisis wacana kritis Van Dijk. Meme ini diambil dari media sosial dan beberapa laman yang memuat kumpulan meme yang difokuskan pada gambar dan tulisan berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui dimensi teks, struktur makro meme COVID-19 memiliki empat subtema, yaitu penamaan virus korona, pemakaian masker, pelanggaran jaga jarak, dan aturan beraktivitas di rumah. Adapun superstruktur meme COVID-19 memiliki empat skema, yaitu 1) skema yang dimulai dari pola gagasan utama diikuti gagasan pendukung, 3) skema dengan pola gagasan pendukung terlebih dahulu baru diikuti gagasan utama, 4) skema dengan pola gagasan utama tanpa gagasan pendukung dan judul, dan skema visual. Berikutnya, struktur mikro meme COVID-19 terdiri atas elemen sintaksis, semantik, stilistik, dan grafis. di mana seluruh elemen dibutuhkan untuk memperlihatkan bentuk kalimat kausalitas, makna implisit, gaya bahasa perbandingan dan sindiran, serta penggunaan grafis visual dan tulisan bagi pembaca meme. Selanjutnya, melalui dimensi kognisi sosial, meme COVID-19 mengandung kognisi atau pengetahuan terkait kondisi pandemi COVID-19 yang dimiliki oleh pembuat meme dan pembaca meme. Terakhir, melalui dimensi konteks sosial, meme COVID-19 memiliki latar moral dan sikap ketidakdisplinan terhadap protokol kesehatan, serta persaingan perdagangan dan bisnis akibat dampak dan pengaruh dari pandemi COVID-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sawerigading

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

SAWERIGADING focuses on publishing research articles and current issues related to language, literature, and the instructor. The main objective of SAWERIGADING is to provide a platform for scholars, academics, lecturers, and researchers to share contemporary thoughts in their fields. The editor has ...