Kreativitas siswa sangat diperlukan terutama dalam menyelesaikan soal yang membutuhkan siswa untuk berfikir kreatif, namun model pembelajaran yang kurang menarik membuat kurangnya rangsangan terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi aljabar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pra-eksperimen dengan one grup pretest-postest design. Kemampuan berfikir kreatif siswa diukur dengan instrumen tes. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dilakukan uji paired t-test dan diperoleh nilai thitung sebesar 10,210 dan ttabel 2,101, sehingga nilai thitung nilai ttabel dan dapat disimpulkan bahwa dari hasil analisis thitung dan ttabel menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika dalam menyelesaikan soal aljabar.
Copyrights © 2021