Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 21, No 3 (2021): Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat

PKM Pelatihan Kewirausahaan: “Pengolahan Produk Makanan Khas Maninjau Untuk Mendukung Pengembangan Nagari Bayur Sebagai Destinasi Wisata”

Fiola Finomia Honesty (Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang)
Helga Nuri Honesty (Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang)
Mike Yolanda (Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2021

Abstract

Bayur merupakan nagari yang berada di sekitar danau Maninjau. Sebagai nagari yang berada di sekitar danau, mata pencarian masyarakat di nagari Bayur sebagian besar bersumber dari danau. Salah satu jenis mata pencarian masyarakat adalah menjual olahan makanan dari hasil ikan di danau Maninjau. Salah satu jenis olahan makanan antara lain yaitu makanan berbahan dasar rinuak. Rinuak merupakan ikan kecil yang hidup di danau Maninjau berbentuk seperti ikan teri. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk menumbuhkan semangat wirausaha dan inovasi produk makanan olahan dari rinuak Maninjau. Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatnya pengetahuan para pelaku usaha UMKM di Nagari Bayur mengenai konsep kewirausahaan, pengelolaan keuangan dan motivasi usaha. Selain dari pada itu dihasilkan inovasi produk olahan berbahan dasar dari rinuak Maninjau antara lain: dendeng rinuak, nugget rinuak, tahu isi rinuak, pastel rinuak, otak-otak rinuak dan lemper rinuak. Dengan adanya inovasi serta motivasi wirausaha yang baik dapat mendukung pengembangan nagari Bayur sebagai destinasi wisata di Sumatera Barat. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sulben

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Other

Description

Suluah BendangJournal is to disseminate the conceptual thoughts, ideas and research results that have been achieved in the area of community services, social sciences, applied science, technology and other relevan field published by LP2M Universitas Negeri Padang. This journal scope contains ...