Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

PENERAPAN PBL BERBANTUAN PREZI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Dyah Syafitri, Fury Styo Siskawati, Tri Novita Irawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII Mts Ma’arif Ambulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan rata rata keaktifan belajar pada setiap pertemuan mengalami peningkatan dimana siklus I pertemuan pertama rata-rata persentase keaktifan belajar siswa sebesar 75 % dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 78,125%. Pada siklus II pertemuan pertama rata-rata persentase keaktifan belajar siswa sebesar 87,5% dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 93,75%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata ketuntasan belajar siswa sebesar 65,625 % dari 21 siswa atau meningkat sebesar 31,25% dari persentase rata – rata pra siklus, pada siklus II rata-rata ketuntasan belajar siswa sebesar 87,5 % dari 28 siswa atau meningkat sebesar 53, 125 % dari nilai awal pra siklus.Kata Kunci: Problem Based Learnig (PBL), Prezi, Aktivitas, Hasil Belajar, Aritmatika Sosial

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Description

Gammath merupakan jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember tersedia gratis (open access) yang berisi tulisan ilmiah dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang matematika dan pendidikan ...