Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XII menggunakan LKPD pada materi pokok pemusatan data statistika. Latar belakang dilakukannya penelitian ini untuk melihat apakah peserta didik dapat memahami dan memecahkan permasalahan matematika tanpa mengalami kesulitan melalui LKPD yang diberikan. Penelitian ini akan di lakukan kepada siswa SMA yang belum mempelajari materi statistika. dimana pada saat pembelajaran pendidik hanya memberikan pengantar materi secara singkat sebelum siswa mengerjakan LKPD yang telah di sediakan. Oleh sebab itu peserta didik diberikan permasalahanmatematika yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari untuk mempermudah peserta didik dalam memahami dan memecahkan permasalahan tersebut. Pertama-tama penelitian ini akan dilakukan secara one-to-one, kemudian setelahnya dilakukan secara small grup untuk melihatpemahaman peserta didik terhadap materi pemusatan data kelompok melalui LKPD. Penelitian ini menggunakan metode development research yang tahapannya menggunakan formative evaluation meliputi self evaluation dan prototyping (expert review, one-to-one dan small group). Pada penelitian ini telah dilakukan validasi oleh beberapa teman sejawat dan beberapa dosen pengampu mata kuliah statistika. Sehingga LKPD ini dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam penelitian ini. Kata kunci: Statistika, LKPD, memahami, mengalami kesulitan.
Copyrights © 2021