Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING PADA SEKOLAH DASAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Moh. Khoirul Anam, Riska Nur Yunita Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2021

Abstract

enelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh Sekolah Dasarnegeri Triwung Lor 2. Pengambilan data dilakukan secara face to face (tatap muka) sesuai protokol kesehatan yang telah dianjurkan. Aspek pertanyaan yang ditanyakan meliputi: 1) sarana dan prasarana yang dimiliki oleh siswa; 2) Efektifitas pembelajaran daring; 3) Pembelajaran daring memutus penyebaran Covid-19. Analisis data penelitian dilakukan menggunakan model analisis yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data, display data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran daring di lakukan dengan memanfaatkan media aplikasi Whatsapp Group. Pelaksanaan pembelajaran daring memungkinan siswa dan guru melaksanakan pembelajaran dari rumah masing-masing. Siswa dapat mengakses materi pelajaran dan mengirim tugas yang diberikan guru tanpa harus bertemu secara langsung di sekolah. Pembelajaran daring dapat membuat siswa belajar mandiri dan dapat meningkatkan motivasinya. Dengan penerapan pembelajaran secara daring di SDN Triwung Lor 2 bisa mengurangi timbulnya kerumunan di sekolah seperti yang terjadi pada proses pembelajaran sebelum-sebelumnya sehingga dapat menekan penyebaran Covid-19 di SDN Triwung Lor 2 Kota Probolingg.Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Covid-19

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Description

Gammath merupakan jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember tersedia gratis (open access) yang berisi tulisan ilmiah dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang matematika dan pendidikan ...