Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

PENGARUH MODEL POBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BELAH KETUPAT DAN LAYANG-LAYANG

Dewi Ristyaningsih, Nurhayati Abbas, Franky Alfrits Oroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL dan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung pada pokok bahasan belah ketupat dan layang-layang. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Gorontalo pada tahun ajaran genap tahun pelajaran 2018/2019. Post Test Only Control Grup merupakan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo merupakan populasi yang digunakan. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk essay yang dipakai dan telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas yang menggunakan model PBL X1) = 81,08, lebih tinggi dibandingkan dengannilai rata-rata kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung (X2) = 71,86. Hal ini menunjukan bahwa menggunakan model pembelajaran PBL dalam proses pembelajaran pada materi belah ketupat dan layang-layang memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa; Problem Based Learning; Belah Ketupat; Layang-layang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Description

Gammath merupakan jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember tersedia gratis (open access) yang berisi tulisan ilmiah dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang matematika dan pendidikan ...