JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen
Vol 2 No 1 (2022): JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi, dan Manajemen

Analisis Pelayanan Ekonomi Masyarakat Melalui Sektor Pertanian di Kab. Pengaruh Program Keluarga harapan dan kartu prakerja Terhadap Kesejahteraan Masyarakat dalam Perfektif Islam (Studi Kasus Kel. Sei Kera Hilir I Kec. Medan Perjuangan Kota Medan)

Anwar Syarif (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2022

Abstract

Program Keluarga Harapan disebut juga dengan istilah PKH adalah suatu agenda pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Program Kartu Prakerja dikutip dari www.prakerja.go.id adalah suatu program pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui kompetisi kerja dan kewirausahaan, peningkatan kompetesi, untuk para pekerja atau buruh, dan pelaku UMKM. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dimana datanya merupakan data kualitatif yang dikuantitatifkan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kartu PKH dan Kartu Prakerja terhadap kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan hasil uji regresi, diperoleh nilai Fhitung sebesar 4.858, dengan Nilai Probabilitas Sig. adalah sebesar 0,021, dan nilai Ftabel sebesar 3.592. Dengan demikian H0 diterima, dengan nilai Fhitung > Ftabel (4.858 > 3.592), ­dan nilai signifikansi (probabilitas) lebih kecil dari nilai α = 0,05 (0,021 < 0,05). Berarti dapat kita simpulkan bahwa variabel bebas X1 (Kartu PKH) dan X2 (Kartu Prakerja) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat di Kel. Sei Kera Hilir I, Kec. Medan Perjuangan, Kota Medan, Sumatera Utara (Y) pada tingkat kepercayaan sebesar 95% (α = 0,05).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKM

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Library & Information Science

Description

JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (Online ISSN: 2774-2075) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Lembaga Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Muhammadiyah Enrekang bekerjasama dengan Forum Dosen Riset STMIK/STIE Insan Pembangunan dan Ikatan Doktor ...