Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 7 No 1 (2021): Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Analisis Manajemen Pembelajaran Matematika Secara Daring Pada Kelas Vb SDN 4 Menteng

Misyanto Misyanto (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
*Rita Rahmaniati (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
Mutia Pebriani (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan guru dalam manajemen pembelajaran matematika secara daring pada kelas VB SDN-4 Menteng.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas VB, kepala sekolah dan peserta didik kelas VB di SDN 4 Menteng. Objek yang diteliti adalah manajemen pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisis data digunakan tiga alur meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan keseriusan pengamatan dan triangulasi pengumpulan data. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran matematika secara daring pada peserta didik kelas VB SDN 4 Menteng pada proses perencanaan guru merencanakan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 yang telah disederhanakan. Pada proses pelaksanaan pembelajaran guru melaksanakan pembelajaran dengan tatap muka secara virtual menggunakan Google Meeting serta penggunaan media pembelajaran berupa Power Point (PPT) dan papan tulis di Google Classroom sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Walaupun ada beberapa kegiatan yang tidak selalu dilaksanakan tetapi hal tersebut tidak menghambat berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Hasil evaluasi pembelajaran berjalan dengan baik hal ini dibuktikan dengan guru yang menyiapkan evaluasi pembelajaran berupa soal serta pemberian instruksi pengerjaan soal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tunas

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is a Scientific Journal managed by Department of Elementary Teacher Education Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year (in March and September) by Institute for Researches and Community ...