DEMOCRATIA
Vol 1, No 1 (2013)

Pengaruh Intensitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Siswa

Hidayah, Rohmiyatul ( IKIP Veteran Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan  : 1) untuk mendapatkan data tentang tingkat intensitas komunikasi orang tua dan siswa, 2) Untuk mengetahui pengaruh intensitas komunikasi orang tua terhadap kedisiplinan  siswa  di MTs Miftahul Falah Betahwalang, 3) Untuk mencari besar pengaruh intensitas komunikasi orang tua terhadap kedisiplinan  siswa di MTs Miftahul Falah Betahwalang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian sampel artinya dari jumlah populasi sebanyak 188 siswa diambil sampel sebanyak 62 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang dinamakan Multistage Sampling. Metode pengumpulan data yang dipakai ialah metode angket, dokumentasi agar data tersebut dapat diperoleh secara valid. Untuk menentukan validitas dan reliabilitas alat penelitian maka alat penelitian diuji cobakan pada 12 responden. Adapun untuk mencari reliabilitasnya dengan teknik belah dua. Langkah selanjutnya adalah menghitung validitas dan relibilitas angket penelitian. Dari perhitungan validitas orang tua didapatkan hasil perhitungan 0,797; 0,738 dan 0,720 yang masuk dalam kategori tinggi karena berada pada rentangan antara 0,600 – 0,800. Sedangkan dari perhitungan validitas kedisiplinan siswadidapatkan hasil perhitungan 0,768; 0,859; 0,898; dan 0,828 yang masuk kategori tinggi dan sangat tinggi karena masuk pada rentangan antara 0,600 – 0,800 dan 0,800 – 1,000. Adapun dari perhitungan reliabelitas yang dilakukan untuk variabel intensitas komunikasi orang tua didapatkan hasil perhitungan 0,877 yang masuk pada kategori sangat tinggi karena masuk pada rentangan antara 0,800 – 1,000 dan untuk variabel kedisiplinan anak didapatkan hasil perhitungan 0,808 yang juga masuk pada kategori sangat tinggi kaera masuk pada rentangan antara 0,800 – 1,000. Pada analisis deskriptif yang dilakukan, maka didapatkan hasil intensitas komunikasi orang tua dengan kriteria tinggi sebanyak 61 responden (98,39 %) dan sebanyak 1 responden ( 1,61 % ) yang dapat ditafsirkan lebih jauh bahwa intensitas komunikasi orang tua siswa MTs Miftahul Falah Betahwalang rata-rata tinggi, sedangkan untuk variabel kedisiplinan anak di MTs Miftahul Falah Betahwalang diperoleh hasil dengan kriteria 60 responden ( 96,77 % ) dan sedang sebanyak 2 responden ( 3,23 % ) yang dapat ditafsirkan lebih jauh bahwa tingkat kedisiplinan siswa di MTs Miftahul Falah Betahwalang rata-rata tinggi. Langkah terakhir adalah menghilangkan r hitng untuk 62 orang responden dan didapatkan nilai r hitung = 0,622 yang lebih tinggi dari r tabel = 0,330 sehingga dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara intensitas komunikasi orang tua dengan kedisiplinan anak di MTs Miftahul Falah Betahwalang. Setelah diketahui adanya hubungan antara intensitas komunikasi orang tua dengan kedisiplinan ank di di MTs Miftahul Falah Betahwalang, baru dihitung besarnya pengaruh yang diberikan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh yang signifikansi dari intensitas komunikasi orang tua terhadap kedisiplinan anak di MTs Miftahul Falah Betahwalang. Dari perhitungan yang dilakukan didapatkan hasil F hitung yang lebih besar dari F tabel ( 38,035 > 7,08 ) pada taraf signifikansi 99 % yang menunjukkan bahwa memang ada pengaruh intensitas komunikasi orang tua terhadap kedisiplinan anak di MTs Miftahul Falah Betahwalang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak sehingga hipotesis kerja (Ha) yang diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Perhitungan selanjutnya adalah menghitung sumbangan efektif yang diberikan oleh intensitas komunikasi orang tua terhadap kedisiplinan anak di MTs Miftahul Falah Betahwalang dan didapatkan hasil 38,797 % yang berarti bahwa intensitas komunikasi orang terhadap kedisiplinan anak mempunyai pengaruh sebesar 38,797 % sedangkan faktor lain memberikan sumbangan sebanyak 61,203%. Kata Kunci : Komikasi, disiplin, orang tua

Copyrights © 2013