BELIA
Vol 2, No 1 (2014)

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK TAMAN KANAK – KANAK MELALUI PEMBELAJARAN SAINS DENGAN MEDIA PLASTIK MIKA

Rohmah, Heni Fatkhiatur ( IKIP Veteran Semarang)



Article Info

Publish Date
30 May 2014

Abstract

Sebenarnya pengembangan potensi yang dimiliki oleh anak usia TK bisa dilakukan dengan berbagai macam cara dan metode. Cara dan metode tersebut harus bertitik tolak dari sifat dan karakteristikdari anak yang bersifat unik. Selain itu juga harus memperhatikan perkembangan anak yang meliputi: perkembangan fisik dan motorik, Perkembangan kognitif, perkembangan sosial emosional, dan perkembangan bahasa. Bidang- bidang tersebut diatas harus dikembangkan secara menyeluruh dan tidak menekankan pada salah satu bidang pengembangan saja. Walaupun nantinya anak akan mengalami perkembangan yang berbeda dari setiap aspek perkembangannya. Berhasil tidaknya proses dan hasil suatu bidang pengembangan (terutama sains) bagi anak usia TK dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantara faktor yang fundamental yang turut berpengaruh adalah para pengajar dan pendidik sains. Agar  pembekalan sains pada anak berjalan secara optimal, hendaknya orang- orang yang terlibat dalam pendidikan sains betul- betul memahami hakekat sains secara benar, dan tentu saja model dan media pembelajaran yang benar pula. Apakah melalui pembelajaran sains dengan media plastik mika dapat meningkatkan kemampuan kognitif? Dan bagaimana meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui pembelajaran sains dengan media plastik mika?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif anak di TK Mardilestari melalui pembelajaran sains dengan media plastik mika dan juga untuk mengungkap penerapan pembelajaran sains dengan media plastik mika dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak TK Mardi lestari. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada tingkat TK di TK Mardi lestari Kedungwaru lor Karanganyar Demak tahun 2013/ 2014. Upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak taman kanak- kanak melalui pembelajaran sains dengan media plastik mika di TK Mardi lestari pada kelompok B1 yang berjumlah 20 anak, yang terdiri dari 9 anak laki- laki dan 11 anak perempuan. Adapun pelaksanaan pada siklus I pada pertemuan pertama hari senin tanggal 22- 7- 2013, pertemuan kedua hari rabu tanggal 24- 7- 2013. Sedangkan pelaksanaan pada siklus II  pada pertemuan pertama hari sabtu tanggal 27- 7- 2013 dan pertemuan kedua hari senin tanggal 29- 7- 2013. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara,dokumentasi, penugasan atau pembarian tugas. Proses penelitian direncanakan terdiri dari dua siklus. Siklus pertama dua kali pertemuan dan siklus kedua sama dua kali pertemuan. Masing- masing kegiatan saat pertemuan adalah dua jam pelajaran. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai pengajar yang berkolaborasi dengan melibatkan guru kelas yang lain untuk bersama- sama melakukan penelitian. Dalam penelitian ini tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari penelitian akhirnya diketahui ada peningkatan yang signifikan pada penguasaan materi pembelajaran, hal ini dapat dibuktikan dari hasil penugasan/ pemberian tugas pada siklu I dan siklus II. Kemampuan anak dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui pembelajaran sainsdengan media plastik mika mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu dari 65%di siklus I  dan meningkat  menjadi 80% di siklus II. Dengan melihat hal tersebut dapat dikatakan bahwa melalui pembelajaran sains dengan media plastik mika dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Data kualitataif yang diperoleh melalui pengamatan menunjukkan adanya perubahan perilaku anak yang positif yaitu , perubahan tersebut terlihat pada penguasaan materi pembelajaran, minat dan motivasi belajar maupun hasil belajar anak. Kata Kunci: perkembangan kognitf, pembelajran sains, pencampuran warna dan media plastik mika.

Copyrights © 2014