Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan belajar dan pola asuh orang tua yang tepat diterapkan untuk membentuk disiplin belajar anak di rumah di Desa Karangrowo RW IV. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif diskriptif dengan subjek penelitian berjumlah 8 yaitu 4 anak kelas V dan 4 orang tua anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah tiga dari 4 orang tua menerapkan pola asuh demokratis dan satu dari empat orang tua menerapkan pola pengasuhan permisif. Orang tua dengan penerapan pengasuhan demokratis membiasakan aktivitas yang positif serta bermanfaat bagi masa depan sang anak sejak kecil salah satunya yaitu kedisiplinan. Pola asuh yang tepat baik digterapkan orang tua untuk membentuk kedisiplinan belajar anak adalah pola asuh demokratis.
Copyrights © 2022