Jurnal Inovasi Penelitian
Vol 2 No 8: Januari 2022

STRATEGI INTEROPERABILITAS SISTEM INFORMASI TNI GUNA MENDUKUNG KOMANDO DAN PENGENDALIAN OPERASI PENGAMANAN PERBATASAN DI LAUT NATUNA UTARA

Muhammad Iwan Kusumah (Program Studi Strategi dan Kampanye Militer Fakultas Strategi Pertahanan – Universitas Pertahanan RI)
Ikhwan Syahtaria (Program Studi Strategi dan Kampanye Militer Fakultas Strategi Pertahanan – Universitas Pertahanan RI)
Dohar Sianturi (Program Studi Strategi dan Kampanye Militer Fakultas Strategi Pertahanan – Universitas Pertahanan RI)
Lukman Yudho P (Program Studi Strategi dan Kampanye Militer Fakultas Strategi Pertahanan – Universitas Pertahanan RI)
Herlina Juni Risma Saragih (Program Studi Strategi dan Kampanye Militer Fakultas Strategi Pertahanan – Universitas Pertahanan RI)
Ernalem Bangun (Program Studi Strategi dan Kampanye Militer Fakultas Strategi Pertahanan – Universitas Pertahanan RI)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2022

Abstract

Dalam rangka mempertahankan keunggulan kontrol efektif terhadap seluruh wilayah Indonesia terutama di wilayah yang disengketakan, maka Indonesia melalui TNI menggelar Operasi Pengamanan Perbatasan wilayah antar negara. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis interoperabilitas sistem informasi TNI pada Operasi Pengamanan Perbatasan di Laut Natuna Utara dan strategi interoperabilitas sistem informasi TNI guna mendukung kodal Operasi Pengamanan Perbatasan di Laut Natuna Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah data deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini adalah belum optimalnya sIstem informasi baik software, hardware, dan brainware dalam merespon ancaman di perbatasan. Regulasi tingkat teknis belum tepat, fleksibel, interoperabilitas, selain itu terdapat persepsi regulasi berbeda antar Angkatan, belum adanya standarisasi regulasi, serta adanya ego sektoral. Blueprint dan grand strategy menjadi keharusan, serta knowledge management dalam penentuan skala prioritas, ditambah dengan penggunaan artificial intelligent dalam sistem informasi TNI untuk mewujudkan efesiensi personel pengawak sistem informasi TNI.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Social Sciences

Description

"JIP” for JURNAL INOVASI PENELITIAN, published by Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Published in two formats, print and online, ISSN: 2722-9475 and the online version of ISSN 2722-9467, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: 1. Culture (a ...