Jurnal Inovasi Penelitian
Vol 2 No 10: Maret 2022

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI TEKNIK CINEMA THERAPY DI ERA NEW NORMAL PADA KELAS X DI SMK NEGERI 3 AMUNTAI

Endang Agustina (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia)
Muhammad Yuliansyah (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia)
Hj. Nurul Auliah (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Motivasi sangat menentukan tingkat keberhasilan belajar siswa. Motivasi menjadi salah satu faktor yang turut menentukan belajar efektif dan menentukan hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan konseling dan dilaksanakan dalam tiga siklus dengan sampel 15 orang. Dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui teknik cinema therapy memiliki dampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan motivasi belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu pada siklus I dengan rata – rata nilai 38.33 % sedangkan hasil pengukuran motivasi belajar siswa dengan rata – rata nilai 38.82 %. Pada siklus II terjadi peningkatan pada aktivitas siswa dengan rata – rata nilai 55.55% sedangakan pada hasil pengukuran motivasi belajar siswa juga terjadi peningkatan dengan rata – rata nilai 51.29%. Pada siklus III terjadi peningkatan untuk aktivitas siswa dengan rata – rata nilai 81.11% sedangkan hasil pengukuran motivasi belajar siswa dengan rata – rata nilai 82.38%

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Social Sciences

Description

"JIP” for JURNAL INOVASI PENELITIAN, published by Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Published in two formats, print and online, ISSN: 2722-9475 and the online version of ISSN 2722-9467, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: 1. Culture (a ...