Motivasi sangat menentukan tingkat keberhasilan belajar siswa. Motivasi menjadi salah satu faktor yang turut menentukan belajar efektif dan menentukan hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan konseling dan dilaksanakan dalam tiga siklus dengan sampel 15 orang. Dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui teknik cinema therapy memiliki dampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan motivasi belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu pada siklus I dengan rata – rata nilai 38.33 % sedangkan hasil pengukuran motivasi belajar siswa dengan rata – rata nilai 38.82 %. Pada siklus II terjadi peningkatan pada aktivitas siswa dengan rata – rata nilai 55.55% sedangakan pada hasil pengukuran motivasi belajar siswa juga terjadi peningkatan dengan rata – rata nilai 51.29%. Pada siklus III terjadi peningkatan untuk aktivitas siswa dengan rata – rata nilai 81.11% sedangkan hasil pengukuran motivasi belajar siswa dengan rata – rata nilai 82.38%
Copyrights © 2022