Journal of Physical Activity and Sports (JPAS)
Vol. 2 No. 3 (2021): Desember 2021

Pengaruh tutor sebaya dan role playing terhadap keterampilan sosial dan passing sepakbola

Hasan Fahmi Anugrah (Universitas PGRI Semarang)
Setiyawan Setiyawan (Unknown)
Fajar Ari Widyatmoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

The purpose of this study was to determine the differences in learning outcomes of peer tutor learning methods and learning methods of role playing soccer passing techniques in Class XI students of SMA Futuhiyyah Mranggen. The research method is a quantitative. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar metode pembelajaran tutor sebaya dan metode pembelajaran role playing teknik passing sepakbola pada Siswa Kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen. Metode penelitian pendekatan kuantitatif, dalam bentuk True Eksperimental Design dengan jenis Nonequivalen Conrol Group Design.Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMA Futuhiyyah Mranggen. Data dalam penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar dan tes keterampilan sosial. Pembahasan hasil penelitian dilakukan dengan berpedoman pada teori profesionalisme guru dan hasil beajar. Berdasarkan hasil analisis setelah medapatkan perlakuan menunjukan bahwa : 1) . Pengaruh yang signifikan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar passing sepakbola kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen 2). Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran  role playing terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar passing sepakbola kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen. 3). Metode role playing lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar passing sepakbola pada siswa kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpas

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

Journal of Physical Activity and Sports, is a national scientific journal that is open to all learning and sports studies for innovation, creativity, and renewal. The purpose of this journal is to facilitate scientific publications which are the results of research conducted by students, teachers, ...