FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2021): FARABI

Penerapan Pendekatan Open Ended dalam Pembelajaran Matematika Realistik

Khoiruddin Matondang (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Al Washliyah, Medan-Indonesia)
Ade Rahman Matondang (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Al Washliyah, Medan-Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini melihat penerapan pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika pada sub pokok bahasan segi empat di kelas VII SMP Swasta Dwitunggal Tanjung Morawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik analisa data pada penelitian ini adalah menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif kualitatif, dengan tujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa meningkat akibat di terapkannya pendekatan Open Ended. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata yaitu 64,72, di mana hanya 10 siswa atau 27,78% yang tuntas, sedangkan 26 siswa atau 72,22% tidak tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata yaitu 70,41, di mana hanya 16 siswa atau 44,45% yang tuntas, sedangkan 20 siswa atau 55,55% tidak tuntas. Pada sisklus III nilai rata-rata yaitu 82,91, di mana ketuntasan siswa meningkast yaitu jumlah siswa yang tuntas belajar bertambah menjadi 32 siswa atau 88,89 %, sedangkan 4 siswa atau 11,11% tidak tuntas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

FARABI; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM) menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian, artikel review, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika dan terapan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan ...