Informanika
JURNAL INFORMANIKA, VOL.8 NO.01 JANUARI-JUNI 2022

Sistem Informasi E-Marketplace UMKM Hasil Pertanian

Muhammad Ariandi (Universitas Bina Darma)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2022

Abstract

Saat ini pemasaran dan penjualan hasil dari produk UMKM di suatu daerah kabupaten masih dilakukan secara konvensial, dengan mengikuti berbagai macam pameran festival produk UMKM yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun instansi terkait lainnya yang memberikan fasilitas untuk mereka menampilkan hasil dari UMKMnya secara broadcast pesan dan menunggu pengunjung datang ke toko. Metode yang dilakukan ini dianggap belum optimal dalam menyampaikan informasi hasil produk tesebut, karena promosi yang dilakukan tidak akan terjangkau oleh masyarakat di luar dari pameran atau daerah asal para petani tersebut. Dengan adanya suatu teklnologi informasi seperti website berbasis marketplace yang mampu menjangkau informasi hasil pertanian tersebut ke seluruh pelosok dunia tanpa mengenal ruang dan waktu, sehingga hasil pertanian para petani tersebut bisa lebih jauh lagi pemasaran yang dilakukan dan hasilnya pun akan mampu lebih baik dalam penjualan. Sistem informasi e-marketplace memberikan kesempatan untuk para petani mengeksplor hasil pertaniannya tanpa harus akan rusak hasil pertaniannya tersebut dan mampu menjalin relationship keberbagai pelosok dengan memanfaatkan smartphone sebagai alat penunjang peningkatan volume penjualan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

inf

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Informanika merupakan jurnal yang berisi tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tinjauan pustaka, atau referensi buku baru dalam Bidang Ilmu yang terdiri dari Sub Rumpun Teknik Elektro dan Informatika Seperti Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknologi ...