Nusantara Journal of Islamic Studies
Vol. 2 No. 2 (2021): September

Manajemen Pengembangan Kurikulum di Lembaga Pendidikan Islam : (Studi Fenomenologi di Madrasah Diniyah Al-Falah)

Muhammad Muhdar Afandi (STAI Cendekia Insani)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2021

Abstract

Kemajuan lembaga pendidikan tak bisa dilepaskan dari kurikulum yang merupakan ruh dari pendidikan itu sendiri. Kurikulum harus terus dikembangkan sesuai perkembangan zaman yang terus maju tak terkecuali di lembaga pendidikan islam, yakni pesantren dan madrasah diniyah. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Al-Falah yang merupakan lembaga naungan pondok pesantren Al-Falah. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: Pertama, kurikulum di madrasah diniyah Al-Falah dikembangkan dengan melibatkan semua pihak akan tetapi penerapan manajemennya kurang optimal ditandai dengan tidak adanya langkah-langkah fungsi manajemen; Kedua, pengembangan kurikulum yang dinamis yang menyesuikan dengan kebutuhan masyarakat disertai dengan adanya sumber daya manusia yang memahami konsep pengembangan kurikulum khususnya pada pendidikan pesantren.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

NJIS

Publisher

Subject

Education Other

Description

Nusantara Journal of Islamic Studies is Islam education scientific journal that contains articles on Islamic education, Islamic education thought and management of Islamic Education. Intended as a vehicle for critical thinking and open to all circles of academia, religion, intellectuals, students ...