Tujuan ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas XI materi asam basa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melalui implementasi media laboratirum virtual kimia pada masa Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilakukan sebanyak dua siklus. PTK ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa catatan lapangan, dokumentasi, dan observasi partisipatif, Untuk mengumpulkan data, PTK ini menggunakan dua jenis instrumen yaitu catatan lapangan dan lembar onservasi partisipatif. Semua data yang berhasil dikumpulkan, dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media laboratorium virtual kimia dapat meningkatkan aktivitas belajar kimia peserta didik kelas XI MIPA 8 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2020/2021 yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase rerata aktivitas belajar kimia sebanyak 15,07%.
Copyrights © 2021