Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas XI materi asam basa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melalui implementasi media laboratirum virtual kimia pada masa Covid-19. Penelitian ini mengambil jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik dari jenis pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi partisipatif, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan catatan lapangan, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media laboratorium virtual kimia dapat meningkatkan aktivitas belajar kimia peserta didik kelas XI MIPA 8 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2020/2021 yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase rerata aktivitas belajar kimia yang signifikan, yaitu 15,07%.
Copyrights © 2022