SOLID
Vol 11, No 2 (2021)

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PERDANA XL DI KOTA MATARAM

Andhini Nurmala Sari (Unknown)
Eluiz Yansirus Saniyah (Unknown)
Fitria Ika Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kartu perdana XL di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan jenis data kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan analisis regresi sederhana. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa dari pengujian regresi, hasil perhitungan variabel bebas dapat disusun dalam suatu model berikut : Y = 0.198 + 0,128 X1 + 0,016 X2 + 0,275 X3 + 0,439 X4 + 0,039 X5 + 0,065 X6 + 0,182 X7. Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui variabel yang berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan melihat variabel yang memiliki nilai probabilititas signifikansi < 0.05 yaitu distributor/tempat (X3) dengan nilai 0.039 dan promosi (X4) dengan nilai 0,001. Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh secara parsial namun berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian dengan melihat variabel yang memiliki nilai signifikansi probabilitasnya yang jauh diatas 0.05 yaitu produk (X1) dengan nilai sebesar 0.438, harga (X2) dengan nilai 0,893, orang/SDM (X5) dengan nilai 0,791, fasilitas fisik (X6) dengan nilai 0,655, dan proses (X7) dengan nilai 0,209. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa bauran pemasaran secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu perdana XL Axiata. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran mampu mempengaruhi konsumen untuk membuat keputusan membeli suatu produk.

Copyrights © 2021