JPDPM
Vol 2, No 2 (2021): November 2021

Judo: Pembinaan Disiplin, Toleransi dan Respect

Berliana Berliana (Program Studi Pendidikan Olahraga, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)
Ira Purnamasari (Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia)
Geraldi Novian (Program Studi Pendidikan Olahraga, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

Judo adalah olahraga yang mengedepankan etika dalam pembelajarannya, oleh karenanya pembinaan disiplin, toleransi dan respect melalui olahraga Judo pada atlet  Judo kota Bandung dijadikan fokus, sebagai upaya turut mengembangkan pembinaan mental secara bersama dalam pembinaan prestasi. Sebagai olahraga beladiri, Judo seringkali diidentikan  dengan olahraga keras, padahal arti kata dari Judo adalah Ju mempunyai arti Lembut dan Do mempunyai arti kata cara, seharusnya, melakukan Judo adalah dengan cara yang lembut, konteks inilah juga yang ingin digali dalam paparan ini. Secara lebih luas Judo adalah olahraga beladiri yang bisa mengalahkan lawan dengan cara yang lembut. Pejudo bukan hanya mendapatkan kebugaran secara fisik saja, tetapi akan mendapatkan perkembangan secara sosial, yang digambarkan dalam tiga variabel tersebut. Tujuan yang ingin dilihat adalah bagaimana pemahaman  yang terjadi pada variebel disiplin, toleransi, dan respek akibat latihan judo yang terkandung di dalamnya etika pejudo.  Judo mengajarkan sikap disiplin karena harus mentaati peraturan yang ada, Judo mengajarkan toleransi dengan cara harus saling menghargai satu sama lain, baik itu kawan maupun lawan, Judo juga mengajarkan Respek dimana sesama pejudo harus saling menghormati satu sama lain.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPDPM

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Pasca Dharma Pengabdian pada Masyarakat (JPDPM) is a journal that focuses on facilitating the results of community service from various educational disciplines and various other scientific fields that focus on educational ...