Journal of Sustainable Business Hub (JSBH)
Vol. 2 No. 2 (2021): Journal of Sustainable Business Hub

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI TOKO KACANG BOGARES CERIA

Nabila Futikhaturrisqo (politeknik harapan bersama)
Bahri Kamal (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Toko Kacang Bogares Ceria. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan Toko Kacang Bogares Ceria. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data adalah kuantitatif dengan menggunakan Analisis Statistik Deskriptif Kuantitatif, Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas dan Uji Autokorelasi), Analisis Regresi Linier Berganda, Uji t dan Uji F, dan Koefisien Determinasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,346, nilai thitung sebesar 3,806, dan nilai signifikansi sebesar 0,000; terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara harga terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,351, nilai thitung sebesar 3,447 dan nilai signifikansi sebesar 0,001; terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 142,251 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan harga sebesar 74% , dan sisanya 26% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jsbh

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Energy Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Transportation

Description

Model bisnis berkelanjutan adalah bisnis yang akan bertahan di masa depan. Journal of Sustainable Business Hub (JSBH) akan ikut berperan aktif dalam pengembangan bisnis berkelanjutan khususnya di bidang publikasi hasil penelitian. Artikel ilmiah merupakan salah satu bentuk tulisan yang digunakan ...