EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 1 (2021): February, Pages 1-260

Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Flores

Sayful Amrin (Universitas Flores, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan praktik pengalaman lapangan pada mahasiswa pendidikan Ekonomi Universitas Flores tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang Subyek penelitian ini sebanyak 58 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan  keterampilan mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Flores yang mengikuti PPL periode semester ganjil tahun akademik 2019/2020 berada dalam kategori baik dengan persentase sebesar 64%.  Keterampilan tersebut terdiri dari katerampilan membuka pelajaran (rata-rata 70% dengan kategori baik),  keterampilan memberi penguatan (rata-rata 60%,  kategori cukup), keterampilan mengadakan variasi (rata-rata 57%, kategori cukup), keterampilan menjelaskan (rata-rata 61%, kategori cukup), keterampilan menutup pelajaran (rat-rata 68%, kategori baik), keterampilan membimbing diskusi (rata-rata 71%, kategori baik) dan keterampilan mengelola kelas (rata-rata 72%, kategori baik).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...