Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, minat belajar dan perilaku belajar secara parsial maupun simultan terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Nuku. Sampel yang digunakan yaitu mahasiswa semester 2, 4, 6 dan 8 sebanyak 47 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Nonprobability Sampling . pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan intelektual, minat belajar dan perilaku belajar berpengaruh secara simultan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan secara parsial, hanya variable kecerdasan intelektual yang tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan minat belajar dan perilaku belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,364 dapat diartikan 36,4% tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh kecerdasan intelektual, minat belajar dan perilaku belajar
Copyrights © 2021