Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Vol 3, No 1 (2022): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Persepsi Sense Of Humor Guru Dengan Keberanian Bertanya Pada Siswa Di Mts Negeri 4 Kampar

Sri Nova Novianti (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Desma Husni (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Keberhasilan suatu proses pembelajaran merupakan tujuan penting dalam tujuan pendidikan di sekolah, hal tersebut tampak dalam keaktifan siswa. Salah satu tanda keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran yaitu selalu memberikan respons dan aktif bertanya. Bagi siswa yang bertanya merupakan bagian penting dalam proses belajar mengajar karena siswa dapat menggali informasi, mengkorfimasi apa yang sudah diketahui, dan mengarahkan perhatian pada aspek yang belum diketahuinya. Tujuan penelitian ini untuk menemukan hubungan antara persepsi humor guru dengan keberanian bertanya siswa di MTs Negeri 4 Kampar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif.Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 502 siswa dan jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 218 siswa dengan menggunakan teknik proporsional stratifield random. Instrumen yang digunakan adalah skala sense of humor dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,881 dan skala keberanian bertanya dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,904. Berdasarkan analisis product moment corelation pearson memperoleh hasil r = 0,417 dan signifikansi sebesar 0,000 (p 0,01). Artinya ada hubungan antara persepsi siswa terhadap rasa humor guru dengan keberanian bertanya siswa di MTs Negeri 4 Kampar.Kata kunci: Persepsi, Sense of Humor, Keberanian Bertanya, Siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Psikobuletin

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Physics Social Sciences

Description

Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi merupakan buletin ilmiah online yang mempublikasikan naskah empirik dan non empirik. Naskah emprik meliputi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis riset dalam bidang psikologi. Sedangkan naskah non empirik meliputi review teoritis dan pemikiran ...