Keberhasilan suatu proses pembelajaran merupakan tujuan penting dalam tujuan pendidikan di sekolah, hal tersebut tampak dalam keaktifan siswa. Salah satu tanda keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran yaitu selalu memberikan respons dan aktif bertanya. Bagi siswa yang bertanya merupakan bagian penting dalam proses belajar mengajar karena siswa dapat menggali informasi, mengkorfimasi apa yang sudah diketahui, dan mengarahkan perhatian pada aspek yang belum diketahuinya. Tujuan penelitian ini untuk menemukan hubungan antara persepsi humor guru dengan keberanian bertanya siswa di MTs Negeri 4 Kampar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif.Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 502 siswa dan jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 218 siswa dengan menggunakan teknik proporsional stratifield random. Instrumen yang digunakan adalah skala sense of humor dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,881 dan skala keberanian bertanya dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,904. Berdasarkan analisis product moment corelation pearson memperoleh hasil r = 0,417 dan signifikansi sebesar 0,000 (p 0,01). Artinya ada hubungan antara persepsi siswa terhadap rasa humor guru dengan keberanian bertanya siswa di MTs Negeri 4 Kampar.Kata kunci: Persepsi, Sense of Humor, Keberanian Bertanya, Siswa.
Copyrights © 2022